Variabel MQL4

Pengertian, pengenalan, dan dasar pemrograman MQL4
Post Reply
User avatar
yosiahdk
Moderator
Moderator
Posts: 8
Joined: Mon Jul 13, 2020 1:42 pm

Menurut WIkipedia, variabel adalah lokasi penyimpanan dan terkait nama simbolis yang berisi beberapa kuantitas yang diketahui atau tidak diketahui atau informasi, nilai. Nama variabel adalah cara biasa untuk referensi nilai yang disimpan, pemisahan nama dan konten ini memungkinkan nama yang akan digunakan secara terpisah dari informasi tepat yang diwakilinya.[diragukan – diskusikan] Nama variabel di kode sumber komputer adalah pengenal yang dapat terikat ke nilai selama waktu berjalan, dan nilai yang dapat berubah selama program eksekusi.
Diakses pada 17 Juli 2020, Wikipedia - Variabel - Ilmu Komputer

Pengertian singkatnya, variabel adalah penamaan dari sebuah tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai.
Contoh :
string nama = "Forum Trader Indonesia";
int jumlah = 128;
double rating = 4,7;
Tulisan/kode yang berwarna merah diatas disebut variabel

Dalam MQL4 terdapat 2 jenis variabel, yaitu :
  • Predefined Variable
    Predefined Variable adalah variabel yang sudah didefinisikan sebelumnya oleh bahasa MQL4, dalam artian bawaan dari MQL4 tersebut.
    Contoh :
    Ask , harga permintaan.
    Bid , harga penawaran.
    Bars , jumlah bar dalam chart.
    Point - besar Point dalam Currency.
    Digits - jumlah digits setelah desimal sebuah harga
    Tulisan/kode yang berwarna merah muda diatas disebut predefined variable, agar kamu lebih tau dan mengerti, kamu bisa membacanya di : MQL4 - Predefined Variable
  • Variable Punyamu Sendiri
    Artinya, Variable yang kamu tulis/definisikan sendiri. Dalam menulis/mendefinisikan sebuah variable, kamu harus memperhatikan Variable scope, yaitu dimana letak variabel tersebut didefinisikan. Dalam MQL4, ada 2 jenis variabel, yaitu Local Variable dan Global Variable. Agar kamu paham silahkan lihat contoh dibawah :
    int Tick;

    int Count()
    {
    Tick++;
    return Tick;
    }
    Dalam contoh diatas variabel Tick, merupakan Global Variable, karena variabel Tick didefinisikan diluar sebuah fungsi, sehingga variabel Tick juga dapat dipanggil/digunakan di fungsi lainnya.
    int Count()
    {
    int Tick;
    Tick++;
    return Tick;
    }
    Dalam contoh diatas variabel Tick, merupakan Local Variable, karena variabel Tick didefinisikan didalam sebuah fungsi, sehingga variabel Tick tidak bisa dipanggil/digunakan di fungsi lainnya. Dan hanya bisa dipakai didalam fungsi Count saja.
Sekian penjelasan singkat variable MQL4, jika kamu masih bingung atau belum paham kamu bisa membaca bukunya di Variable MQL4
atau bertanya di SubForum Diskusi MQL4
Post Reply